Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebiasaan No. 1 Orang Sukses, Hanya 30 detik!

Jika Anda ingin mencapai tujuan, memaksimalkan potensi, dan mewujudkan mimpimu menjadi kenyataan maka Anda harus ahli dalam kebiasaan ini. Apa kira-kira kebiasaan tersebut?

Kebiasaan tersebut adalah "memprogram ulang otak" dengan cara VISUALISASI

Dengarkanlah baik-baik nasihat dari Mel Robbins ini, dan hidupmu akan berubah menjadi lebih baik. Mel Robbins mengatakan ini berdasarkan ilmu pengetahuan dan penelitian.

Otak kita memiliki sistem yang disebut "Reticular Activating System". Sistem ini adalah jaringan Neuron. Sistem ini merupakan "filter" yang mengizinkan informasi tertentu dalam otakmu dan memblokir informasi lainnya.

Siapa yang memprogram sistem tersebut? Anda dan orang-orang di masa lalu Anda.

Contohnya jika Anda "merasa tidak dicintai", maka sistem tersebut akan mencari setiap bukti untuk mengonfirmasi keyakinan negatif Anda miliki tersebut.

Itulah sebabnya ada yang disebut dengan "Confirmation Bias". Confirmation Bias adalah bahwa otak Anda senang membaca hal-hal yang sejalan dengan pendapat Anda, karena hal tersebut mengkonfirmasi filtermu!

Mengapa kita memiliki filter semacam itu? Ada alasan yang sangat penting dibalik sistem ini. Jika otak Anda menerima semua informasi, maka otak bisa meledak, meleleh, otak akan rusak. Sistem ini melindungi otak dengan memfilter informasi dan mengizinkan masuk informasi yang sejalan dengan pendapat Anda.

Itulah alasan ilmiah mengapa kita perlu sibuk memprogram sistem di otak Anda.

Memprogram ulang otak dilakukan dengan cara visualisasi supaya otak kita mulai melihat kesempatan, melihat bukti, melihat "kebetulan", sehingga Anda dapat membangun momentum/daya gerak/pendorong.

Cara melakukan visualisasi (berdasarkan ilmu pengetahuan)

Metode visualisasi ada 2 langkah:

Contohnya jika Anda ingin meningkatkan "harga-diri" Anda, visualisasikan apa yang Anda rasakan tentang diri Anda ketika "harga-diri" tersebut meningkat. 

caranya:

1. Tutup mata Anda dan visualisasikan gambaran yang spesifik "akan seperti apa" hal tersebut dalam hidup Anda ketika "harga-diri" Anda meningkat. Anda akan melihat diri Anda berbicara dalam pekerjaan, melihat diri Anda berbicara lebih tentang bisnis Anda, melihat diri Anda meninggalkan "bad relationship", melihat diri Anda menentukan batas, melihat diri Anda pergi ke Gym, melihat diri Anda lebih menjaga diri Anda. 

2. Ketika Anda memvisualisasikan gambar tersebut, secara sadar memikirkan emosi-emosi positif yang kamu rasakan. Anda merasa gembira, bangga, berdiri lebih tinggi, menjadi lebih bersyukur bahwa Anda telah melakukan perubahan tersebut. Anda merefleksikan gambaran yang spesifik "Oh, di sana saya di pekerjaan dan mengangkat tangan saya, luar biasa, saya membagikan ide-ide saya", "Oh, di sana saya mendapatkan promosi", "Oh, di sana saya meminta kenaikan gaji", "Oh, di sana saya mendaftarkan konsumen baru bagi bisnis saya", "Oh, saya kembali lagi ke sekolah", saya merasa sangat baik akan diri saya.

Ketika Anda melakukan hal tersebut, hal inilah yang terjadi secara ilmiah: Anda melatih otak Anda untuk memiliki filter yang benar-benar berbeda. Otak kita tidak dapat membedakan apa yang sebenarnya terjadi pada diri Anda, seperti ketika mendapat nilai F saat ujian kelas 10.  Hal-hal yang Anda imajinasikan yang terjadi pada Anda. 

Otak Anda tidak dapat membedakan antara memori yang sebenarnya terjadi pada Anda dan memori yang Anda ciptakan/imajinasikan. Otak Anda akan mengalami visualisasi Anda seperti pergi ke Gym, Anda memvisualisasikan betapa senangnya Anda saat melakukannya, Anda memvisualisasikan kenaikan gaji, mendapatkan promosi, dan betapa bangga Anda merasakannya. Otak Anda, ketika Anda melakukan visualisasi, menerjemahkannya sebagai memori yang nyata. Dan itu penting, karena saat Anda menerjemahkannya sebagai memori yang nyata, maka Otak akan mengubah filter dari "Reticular Activating System"

Dan inilah yang kami ketahui berdasarkan penelitian, semakin Anda memvisualisasikan sesuatu:

1. Semakin besar rasa percaya diri Anda, semakin besar rasa aman yang Anda miliki, dan menariknya, semakin Anda memvisualisasikan tujuan-tujuan Anda, setiap pagi melakukannya hanya dalam 30 detik, sesungguhnya Anda mengembangkan dan meningkatkan skills Anda. Ada bukti nyata berdasarkan penelitian bahwa visualisasi membantu Anda membangun skills. Dan semakin Anda melakukan visualisasi maka Anda akan memprogram ulang otak Anda. Anda mengubah jaringan neuron-neuron yang berperan sebagai filter.

Semakin Anda memvisualisasikan bahwa Anda speak up maka Anda akan menjadi lebih percaya diri, lebih banyak skill yang Anda miliki, sehingga daripada saat meeting Anda mencari bukti-bukti untuk tidak berbicara, Anda akan speak up, dan membagikan ide-ide Anda.

Jadi, selama 30 hari ke depan, selama 30 detik sehari, visualisasikanlah bagaimana rasanya ketika Anda menggapai tujuan keuangan Anda, bagaimana rasanya ketika pergi ke bank dan melihar saldo Anda, bagaimana rasanya mengajak anak Anda ke Disney dengan menggunakan uang yang Anda hasilkan, bagaimana rasanya Anda membeli rumah, bagaimana rasanya keluar dari pekerjaan yang Anda benci dan memulai bisnis Anda.

Sumber dari artikel ini adalah video dari Mel Robbins, yang dapat dilihat pada video di bawah ini:




Post a Comment for "Kebiasaan No. 1 Orang Sukses, Hanya 30 detik!"