Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Buku Quiet : Daya Introvert Di Dalam Dunia Yang Tidak Bisa Berhenti Bicara


Review buku Quiet karya Susan Cain.

Kali ini aku mau membahas review dan ringkasan dari buku Quiet : Daya Introvert Di Dalam Dunia yang Tidak Bisa Berhenti Bicara.

Buku ini diawali dengan kisah Rosa Parks yang berani berkata "TIDAK" saat diminta memberi tempat duduk ke penumpang bus lain yang berkulit putih. Rosa Parks adalah warga kulit hitam dan saat itu di America masih sangat rasis dan menjadi warga kulit hitam sangatlah susah.

Dengan berkata tidak, Rosa Parks diajukan ke persidangan dan kasus ini membuat heboh Amerika karena terjadi boikot besar-besaran terhadap bus dalam waktu yang lama. Hal ini juga berhasil mengubah arah sejarah Amerika menjadi lebih toleran.

Kepribadian Rosa Parks ternyata seorang yang lembut, manis, dan sekarang lebih dikenal dengan istilah Introvert.

Dalam buku ini dijelaskan bahwa kita hidup pada dunia yang mengagung-agungkan Ekstroversi dan seolah-olah menyingkirkan para Introvert, padahal tanpa orang-orang Introvert tidak ada penemuan-penemuan penting seperti teori gravitasi Sir Issac Newton, teori relativitas Einstein, Google oleh Larry Page, Cerita Harry Potter oleh J.K. Rowling, dan komputer pribadi oleh Bill Gates.

Nah kali ini aku mau membagikan secara garis besar atau ringkasan setiap bagian dari buku Quiet karya Susan Cain :

Buku Quiet karya Susan Cain ini dibagi menjadi 4 bagian. Setiap bagian terdiri dari 1 sampai 4 bab. Di sini aku nggak akan bahas setiap bab tetapi setiap bagian, supaya teman-teman punya gambaran umum sehingga bisa menjadi pertimbangan apakah mau membeli buku ini atau tidak.

Bagian Pertama : Model Ekstrovert

Pada bagian ini membahas sejarah di Amerika, khususnya cerita bagaimana ekstrovert menjadi model budaya di negara tersebut. Di bagian ini juga bercerita mengenai kisah Dale Carnegie (mungkin sebagian besar teman-teman tahu ya kalau beliau adalah seorang motivator dan salah satu penulis buku terlaris) dari awal kehidupannya yang seorang remaja peternakan di desa menjadi salesman hingga ikon pembicara publik. Kebangkitan industri Amerika menjadi daya utama di balik evolusi budaya ekstrovert.

Di bagian ini juga dibahas beberapa tokoh dan lembaga terkenal seperti Tony Robbins, Harvard Business School, dan Rick Warren.

Cara bekerja introvert dibahas mendalam pada bagian pertama ini. Pada bagian ini Susan Cain juga menceritakan bahwa terdapat suatu fenomena menarik, yaitu perbandingan dalam hal menyelesaikan pekerjaan di rumah dan di kafe.

Bagian kedua: Biologi Anda, Diri Anda Sendiri

Susan cain yang seorang introvert bercerita mengenai dirinya, mulai dari pidato pertama kali (yang pastinya gugup setengah mati) hingga akhirnya meninggalkan pekerjaan di Wall Street, membuka firma sendiri dan hingga ratusan pidato yang telah ia berikan.

Bagian ini memaparkan penelitian-penelitian yang bertujuan agar kita bisa menempatkan diri pada lingkungan dan memilih lingkungan yang tepat.

Bagian ini juga membahas tentang sensitivitas penghargaan, yaitu sesuatu yang mendorong orang untuk mengejar tujuan-tujuan untuk mengumpulkan buah terbaik kehidupan. Di sini Susan Cain memberikan pandangannya mengapa saat wall street hancur, Warren Buffet tetap makmur. 

Bagian ketiga: Apakah semua budaya memiliki model ekstrovert?

Bagian ini membahas budaya ekstrovert dan introvert di Amerika dan Asia. Hal yang menarik adalah bahwa orang Asia cenderung lebih introvert karena suatu budaya yang akan dijelaskan lebih di buku ini.

Bagian keempat: Bagaimana mencintai, bagaimana bekerja

Bagian ini membahas kepan kita yang introvert bertindak lebih eketrovert dari biasanya. Dibahas seorang professor, mantan dosen psikologi Harvard yang seorang introvert tetapi orang-orang di sekitarnya mengenal beliau sebagai professor yang lucu, menyenangkan, bahkan menyanyi dan menari saat mengajar di kelas.

Bagian ini juga memberikan masukan untuk guru dan orang tua ketika menghadapi anak yang introvert supaya sang anak dapat tumbuh optimal.

Nah aku juga membuat video di Youtube dengan poin-poin yang kubahas dalam video review buku Quiet yaitu:

1. Mitos dan fakta mengenai introvert berdasarkan penelitian-penelitian Susan Cain dan tim;

2. Perbedaan ekstrovert dan introvert; dan

3. Ringkasan buku Quiet berupa bagian-bagian yang ada dalam buku disertai dengan keterangan singkat.

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut mengenai review buku Quiet dapat disimak melalui video DI SINI, atau bisa ditonton pada video di bawah. Jika berkenan mendukungku dalam berkarya silakan like, komen, dan subscribe youtubeku ya. Makasih.

Tag: review quiet, review buku quiet, ringkasan buku quiet, ringkasan quiet, apa itu introvert, introvert bukan pemalu, tokoh introvert

#quiet #bukuquiet #quietsusancain #reviewquietbahasaindonesia #ringkasanquiet

Post a Comment for "Review Buku Quiet : Daya Introvert Di Dalam Dunia Yang Tidak Bisa Berhenti Bicara"