Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Senang Membaca

 

Pernah gak sih lo bertanya, kenapa sih kok ada orang yang suka membaca? Sedangkan gue baca 1 buku dalam setahun aja nggak kelar-kelar?

Fellexandro Ruby pernah mengatakan ia membaca 100 buku dalam setahun, Jim Kwik mengatakan bahwa rata-rata CEO membaca 3-4 buku dalam sebulan.

Mungkin ada yang salah dengan cara kita membaca.

Ada 3 poin yang akan gue bahas supaya membaca itu menyenangkan. Cara membaca menyenangkan ini gue ambil dari beberapa sumber yaitu buku You Do You yang ditulis Fellexandro Ruby, Youtube Fellexandro Ruby, Liputan6.com, dan Lifehacker.com

Nah setelah gue simpulkan ada 3 cara supaya membaca itu menyenangkan!

  1. Yang dibaca harus menyenangkan
  2. Mencari buku yang menyenangkan
  3. Baca tidak sampai selesai tidak apa-apa

Oke mari kita bahas apa sih maksudnya.

Cara agar senang mambaca: Pertama, yang dibaca harus menyenangkan!

Gimana caranya supaya yang kita baca itu menyenangkan? Caranya yaitu kita suka atau tertarik dengan yang kita baca. Saat lo lagi suka akan sesuatu, maka lo akan cari tahu sedetail detailnya tentang sesuatu yang lo suka itu gak sih? 

Misalnya gue akhir-akhir ini lagi tertarik sama sepatu boots, dan gue cari info dong sepatu boots itu kayak gimana aja modelnya, buat acara formal cocoknya yang mana, yang buat casual yang mana, kontruksi sepatu itu apa, dan lain-lain.

Atau misalnya lo lagi suka gitu sama seseorang lu pasti akan cari tahu sedetail-detailnya kan tentang gebetan lo itu. Cara deketin dia gimana, tinggalnya dimana, siapa aja temennya, kesukaannya apa, dan lain-lain.

Begitu juga dengan membaca, membaca akan menyenangkan jika lo tertarik sama yang lo baca. Jadi, carilah buku yang membuat lo tertarik, yang berkaitan dengan masalah hidup lo, dan bisa ngasih solusi akan masalah-masalah yang lo hadapi.

Cara agar senang mambaca: Kedua, mencari buku yang menyenangkan!

Nah, setelah tahu buku yang gue maksud menyenangkan itu bagaimana, sekarang cara mencari buku yang menyenangkan itu bagaimana?

Caranya yang pertama: kita bisa cari lewat ringkasan buku. Ringkasan buku sekarang sudah banyak tersedia di berbagai media, ada di youtube, blog, podcast, hingga aplikasi di handphone.

Yang kedua itu kita bisa baca 50 halaman pertama dari sebuah buku. Konsep ini disebut “The Rule of Fifty” yang diambil dari sebuah buku yang ditulis Nancy Pearl. Dengan baca 50 halaman pertama ini kita seharusnya sudah tahu sebuah buku itu menarik atau menjadi solusi buat kita apa nggak.

Cara agar senang mambaca: Ketiga, Buku tidak harus diselesaikan!

Setelah kita memfilter buku yang mau kita baca kita jadi tahu kalau baca buku itu nggak harus dari awal sampai akhir. Baca itu ya bagian yang menarik buat lo!

Bahkan dalam buku Fellexandro Ruby yang berjudul You Do You, di bagian awal dituliskan bahwa baca bukunya itu gak harus dari awal, kalian bisa lompat ke bagian yang kalian anggap menarik trus kalian mulai dari situ.

Kalau suatu buku sudah menjawab permasalahan yang lo hadapi dan bagian selanjutnya lo rasa gak menarik, udah boring, atau dragging banget, ya udah SKIP aja!

Oke itulah 3 cara supaya membaca itu menyenangkan, intinya membaca itu harus enjoy ya teman-teman. Yuk subscribe channel Youtube Cendhela. Terima kasih.


Post a Comment for "Cara Agar Senang Membaca"