6 Cara Agar Cepat Kaya

Uang bukan segala-galanya, tetapi dengan uang, hidup menjadi lebih mudah. Kekurangan uang bahkan dapat menjadi alasan seseorang melakukan tindak kejahatan. 

Rahasia orang kaya menghasilkan uang yang banyak mungkin belum banyak orang yang menyadarinya. Robert Kiyosaki mendapatkan pelajaran tentang uang yang sangat berharga dari salah satu orang kaya, yang akhirnya menjadikan dirinya bebas secara finansial.

Baca juga : Ringkasan Buku Rich Dad Poor Dad

Pelajaran itu sangat berarti dalam hidupnya karena dengan mempelajari dan melakukan keenam cara itu, ia berhasil menjadi salah satu orang kaya di dunia. Banyak orang yang bahkan sampai usia pensiun tidak kaya, namun dengan enam pelajaran itu ia menjadi kaya pada usia muda.

Berikut ini adalah 6 cara agar cepat kaya, yang diajarkan Rich Dad kepada Robert Kiyosaki:

1. Jangan bekerja untuk uang

Banyak orang bekerja untuk uang karena takut dan serakah. Takut tidak mempunyai uang sehingga mereka harus bekerja keras supaya dibayar dan mendapatkan uang, setelah mendapatkan uang serta kenaikan gaji, akhirnya mereka memiliki cukup uang untuk "mencicil" sesuatu yang mereka inginkan atau tuntutan gaya hidup. Mencicil (membeli secara kredit) menjadikannya memiliki hutang, dan karena mereka memiliki hutang akhirnya mereka harus bekerja terus untuk uang supaya dapat membayar tagihan mereka. Lingkaran inilah yang disebut dengan Rat Race.

Nah, dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa jangan sampai bekerja untuk uang (bekerja hanya supaya dapat membayar tagihan), tetapi kita harus dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga uang hasil kita bekerja dapat diinvestasikan. Dengan investasi, uang yang bekerja untuk kita.

2. Pentingnya Literasi Keuangan

Pelajaran tentang uang tidak diajarkan di sekolah! Begitulah kata Robert Kiyosaki, coba kalian pikirkan, pernahkan di sekolah diajarkan mengelola keuangan pribadi?

Apakah benar yang dikatakan Robert Kiyosaki tersebut? Coba kalian jawab ya!

Pernahkah kalian dengan bahwa orang yang memiliki pendidikan tinggi dan jabatan yang menurut kita luar biasa, terkena investasi bodong? atau, ketika pensiunan petinggi perusahaan pensiun mencoba mendirikan usaha tepat ketika mereka pensiun dan akhirnya usahanya bangkrut? Coba deh kalian cari di google, setahu saya sih ada.

Literasi keuangan sangat penting jika kalian ingin cepat kaya. Literasi keuangan tidak hanya tentang cara mendapatkan uang lebih banyak, tetapi juga cara mengelola uang tersebut.

Mendapatkan literasi keuangan itu mahal? Nggak juga kok, kadang malah ada yang berbagi ilmunya secara gratis. Tetapi misalnya harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang dalam jumlah yang banyak, kenapa tidak?

Ilmu itu adalah investasi yang sangat berharga. Pasti untung deh kalau kamu menginvestasikan uangmu untuk mendapatkan pelajaran tentang keuangan pribadi.

Baca juga: Ringkasan Buku Jouska Principles of Personal Finance

3. Mind Your Own Business

Banyak orang tidak "Mind Your Own Bussiness", begitulah kata Robert. Maksudnya, setiap orang seharusnya memiliki aset dan memikirkan asetnya tersebut.

Kebanyakan orang bekerja untuk "business" orang lain hingga melupakan "business"nya sendiri. Setiap orang seharusnya mengembangkan aset mereka dan mendapatkan penghasilan dari aset tersebut. Namun, alih-alih memiliki aset, kebanyakan orang malah memiliki hutang yang banyak dan bekerja untuk membayar hutang.

4. Memiliki perusahaan

Memiliki perusahaan berarti kita tidak bekerja pada perusahaan tersebut, melainkan menjadi pemilik perusahaan tersebut. Robert juga mengatakan bahwa dengan memiliki perusahaan, kita dapat mengatur uang yang kita miliki supaya dikelola lebih baik.

5. Orang kaya menciptakan uang

Menciptakan uang di sini bukan berarti mencetak uang palsu ya! Menciptakan uang di sini artinya, orang kaya melihat peluang sehingga dapat menghasilkan uang.

Robert memberi contoh bagaimana ia menciptakan uang dari bisnis real estate. Ia membeli rumah dengan harga murah kemudian menjualnya kembali dengan harga mahal hanya dalam beberapa bulan. Ia dapat melakukannya karena melihat kesempatan pada saat krisis ekonomi, dengan kemampuan finansial yang ia miliki, ia melihat peluang tersebut, dan dengan mudah menciptakan uang dari hasil jual beli real estate. Selain real estate, ia juga memberikan contoh investasinya pada perusahaan kecil yang dikelola dengan baik hingga akhirnya menjadi perusahaan go public, dan harga sahamnya naik berkali-kali lipat.

Baca juga: Ringkasan Buku Value Investing Saham

6. Bekerja untuk belajar

Bekerja untuk belajar artinya mempelajari setiap bidang pekerjaan yang diperlukan untuk menjadi kaya. Jangan bekerja hanya karena memiliki gaji yang tinggi.

Rich Dad menyarankan supaya tidak terspesialisasi tetapi dapat menggeneralisasi. Robert menyebutkan kembali 4 bidang yang harus dikuasai yaitu akuntansi, investasi, pasar, dan hukum.

Demikian, cara agar cepat kaya yang diajarkan oleh Rich Dad kepada Robert Kiyosaki. Semoga bisa menginspirasi ya. Yuk share ke teman-temanmu supaya lebih banyak yang tahu!
Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "6 Cara Agar Cepat Kaya"

  1. nampaknya mas penggemar robert nih hahah,

    saya juga lagi belajar gumana caranya jadi jaya, terutama mengayakan soal literasi keuangan dahuluz biar paham dasar2nya

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya mulai aware tentang financial literacy sejak baca tulisan beliau.

      Salam kenal mas.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel