Pengalaman Buka Akun Trading Saham di Stockbit

Pada artikel sebelumnya, yaitu Pengalaman Membuka Akun Saham di Indopremier, saya bercerita pengalaman dan review sekuritas Indopremier.

Di artikel ini, saya akan bercerita hal yang sama dengan artikel sebelumnya, tetapi mengenai sekuritas Sinarmas yang bekerja sama dengan Stockbit, yaitu:
  1. Alasan membuka akun Stockbit
  2. Jangka waktu pembukaan akun
  3. Review Stockbit

Alasan Buka Akun Real-Trading Stockbit

Saya pernah bercerita bahwa aplikasi yang direkomendasikan teman adalah Stockbit. Sejak awal investasi saham, saya menggunakan aplikasi Stockbit untuk melihat chart. Mengapa? Karena tampilan Stockbit yang mobile friendly dalam tampilan chart-nya.

Saya berpikir untuk memisahkan akun untuk investasi dan trading, sehingga saya membuka di dua sekuritas.

Alasan memilih Stockbit untuk trading saham yaitu :
  1. Chart yang mobile friendly
  2. Watchlist yang dapat diatur sesuai keinginan
  3. Fee jual-beli saham relatif lebih murah

Jangka Waktu Pembukaan Akun di Stockbit

Saya mengajukan registrasi akun Real-Trading pada tanggal 10 Juli 2019. Mengapa saya bilang Real-Trading, karena di Stockbit itu ada Trading Virtual sehingga jika kita belum memiliki akun Real-Trading kita bisa mencoba trading dengan akun virtual.

Syarat pembukaan akun sama seperti yang saya jelaskan di Cara Membuka Akun Investasi Saham.

Saya mengisi dan mengirimkan dokumen pada tanggal 10 Juli 2019 dari Serang, Banten. Diterima oleh Stockbit mungkin keesokan harinya.

Mendapatkan konfirmasi pembukaan akun, diberikan user dan password pada tanggal 23 Juli 2019. Saya siap melakukan transaksi pada tanggal 30 Juli 2019 setelah aktivasi akun trading. Oh iya, dari pihak Sinarmas maupun Stockbitnya tidak ada konfirmasi berupa video-call atau telepon ya.

Sehingga total waktu dari registrasi akun hingga siap transaksi adalah 14 hari kerja.

Review Stockbit

Kecepatan membuka akun di Sinarmas melalui Stockbit relatif lebih lama jika dibandingkan dengan Indopremier. Sekitar dua minggu baru ada konfirmasi di email terkait pembukaan akun, dan pada minggu ketiga baru bisa transaksi saham.

Aplikasi yang saya gunakan adalah Stockbit dan Simas Mobile. Namun yang sering saya gunakan adalah aplikasi Stockbit, sedangkan aplikasi Simas hanya saya gunakan untuk setting akun Sinarmas saja. Mengapa? karena tampilan aplikasi dan kemudahan penggunaan ada di aplikasi Stockbit. Aplikasi Simas menurut saya kurang nyaman.

Fee jual-beli saham di Sinarmas melalui Stockbit yaitu fee beli 0,15% dan fee jual 0,25%. Untuk fee day-trading lebih murah lagi yaitu 0,125% dan 0,225%.

Laporan dari setiap transaksi dikirimkan melalui email. Namun untuk laporan tahunan saya belum tahu karena baru menggunakan real-trading tahun ini. Mungkin akan saya update jika sudah menggunakannya.

Demikian cerita pengalaman saya membuka akun trading di Stockbit dan review Stockbit. Yuk share artikel ini dan subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Pengalaman Buka Akun Trading Saham di Stockbit"

  1. Kalau dari fee ini memang relatif murah, mungkin suatu saat saya akan mencoba trading di stock bit juga. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Kalau reksadana Bibit gimana mas? Stockbit sudah mengakuisisi Bibit kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak RenieF, sebelumnya saya mohon maaf baru sempat membalas karena ada keperluan di luar kota dan baru bisa aktif buka blog lagi.
      Untuk aplikasi Bibit saya belum pernah menggunakan kak, karena untuk reksadana saya menggunakan aplikasi IPOT dari Indopremier jadi belum nyobain aplikasi Bibit.

      Untuk saat ini saya mau mencoba aplikasi Bareksa untuk membeli reksadana alasannya waktu ORI16 ini aplikasi SBN BRI saya belum bisa digunakan untuk membeli ORI jika belum ke bank (ada notif gitu saat buka aplikasi, tapi saya belum ada waktu ke bank), jadi saya baru mau coba Bareksa ini sih.

      Ini saya nggak endorse si Bareksa lho ya, lagipula reksadana saya saat ini masih di Indopremier karena di Indopremier itu selain Fund Fact, bisa unduh Prospektusnya juga di aplikasinya.

      Semoga jawaban saya bisa membantu ya Kak, jadi terinspirasi buat nulis tentang pengalaman investasi reksadana nih. Makasih

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel