Ringkasan Buku Jouska The Principles of Personal Finance

Buku Jouska The Principles of Personal Finance

Mengatur keuangan merupakan hal yang sangat penting. Namun, terkadang kita tidak menyadari betapa pentingnya mengatur keuangan pribadi. Kita melihat bahwa semuanya sah-sah saja untuk tidak merencanakan keuangan. Tetapi, bagaimana jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, kemudian memaksa kita mengeluarkan dana yang cukup besar? Atau kita kehilangan sumber pemasukan? Apakah sudut pandang kita akan tetap sama? Menyesal memang selalu datang di belakang. Oleh karena itu, salah satu hal berguna yang dapat kita lakukan adalah menata keuangan kita.

Buku yang akan saya ringkas kali ini adalah buku dari Jouska Indonesia berjudul The Principles of Personal Finance. Buku ini adalah buku pertama yang dibuat oleh Jouska, salah satu perusahaan yang bergerak di industri perencanaan keuangan. Buku ini diterbitkan pada tahun 2019 di bulan Maret. Buku setebal 132 halaman ini dicetak hardcover, dengan desain yang menarik dan cocok banget kalau mau dipajang di meja kerja atau di rumah.

Buku Jouska ini mengajak kita untuk mengetahui lebih jauh tentang industri perencanaan keuangan. Menceritakan sejarah industri perencanaan keuangan, dan langkah-langkah yang mengajarkan para pembaca bagaimana menjadi perencana keuangan bagi diri sendiri. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman Jouska selama menangani klien-kliennya, dan mencoba mengajak pembaca untuk melihat realita literasi keuangan yang ada di Indonesia.


Daftar Isi Buku Jouska The Principles of Personal Finance

Konten buku Jouska ini, secara garis besar dibagi menjadi tiga bagian, silakan klik link di bawah untuk menuju bagian yang diinginkan:
  1. CEO Perspectives
  2. The Story of Jouska
  3. Jouska Approach and Jouska Chronicles
    1.  The Basic Triangle
    2. Asuransi
    3. Marry With Your Bank
    4. Dana Darurat
    5. Membangun Portofolio
Bagian Pertama : CEO Perspectives

Pada bagian pertama buku Jouska, berisi hasil interview dengan Founder dari Jouska Indonesia, Aakar Abyasa Fidzuno. Dalam interview ini, Aakar menceritakan alasan kepeduliannya terhadap literasi finansial masyarakat, tentang alasannya membentuk Jouska untuk mencapai misi tersebut, harapannya terhadap industri keuangan di Indonesia, dan strategi apa yang sudah dan akan terus dilakukannya agar pesan yang ingin disampaikan dapat memiliki penetrasi yang baik ke masyarakat.

Alasan Aakar peduli terhadap literasi finansial masyarakat sebenarnya cukup “selfish” yaitu karena Ia berada di generasi yang menjadi tulang punggung berjalannya ekonomi Indonesia, yaitu usia 30an -usia yang sedang sangat produktif-, sehingga mau tidak mau harus peduli dengan kondisi perekonomian bangsa. Namun, Ia ingin memanifestasikan kepentingannya tersebut untuk hal yang positif, untuk mempersiapkan generasi yang sedang produktif agar tidak terkena multiplier effects atas ketidakpedulian terhadap kondisi yang terjadi saat ini. Dengan banyaknya orang dengan kondisi finansial yang bagus, dampaknya tidak hanya pada kualitas kehidupan yang lebih baik, tetapi juga memberikan dampak pada perekonomian dan politik. Dampak positif pada dua hal ini akan menjadi pondasi tercapainya negara yang lebih baik atau negara maju. Aakar ingin menjadikan Jouska sebagai platform bagi para financial advisers untuk membantu masyarakat supaya memiliki kondisi finansial yang baik. 

Baca juga : Cara Investasi Saham

Bagian Kedua: The Story of Jouska

Bagian kedua buku Jouska ini menceritakan kisah berdirinya Jouska oleh Founder dan Co-Founder yaitu Aakar Abyasa Fidzuno, Indah Hapsary Arifaty, dan Farah Dini Novita. Mereka bertiga memiliki pekerjaan yang berbeda-beda (walaupun background mereka sama-sama di bidang finance), hingga pada suatu titik mereka bertemu di Jouska.

Perusahaan yang menjadi platform para financial advisers ini tentu tidak tiba-tiba menjadi besar seperti sekarang ini. Perusahaan ini memiliki beberapa tantangan yang dihadapi, bahkan sebelum namanya menjadi Jouska, sempat memiliki nama lain yaitu Janus. Setelah berhasil melewati tantangan dan kendala-kendala yang dihadapi akhirnya berdirilah Jouska yang sekarang ini.
Pada bagian ini, dijelaskan pula arti dari Jouska itu. The imaginary and lively conversation that we carry in our head between ourselves and someone else.
Daftar Isi Buku Jouska The Principles of Personal Finance
Bagian Ketiga : Jouska Approach and Jouska Chronicles

Pada bagian ketiga buku Jouska, dibahas mengenai pendekatan-pendekatan (bukan PDKT sama gebetan ya) yang dilakukan Jouska dan interview yang dilakukan kepada beberapa narasumber.
Menurut Jouska, jika ingin merencanakan keuangan, harus memiliki pola pikir yang tepat supaya tidak menjadi sekedar rencana tanpa aksi. Pola pikir yang tepat dipengaruhi oleh pengetahuan, pengalaman, dan lingkungan. Jouska juga memberikan definisi Penasihat/Konsultan Keuangan Independen atau Independent Financial Advisers (IFA) serta ruang lingkup kerjanya dalam merencanakan keuangan kliennya.

Empat tahapan perencanaan keuangan yang dilakukan oleh para advisers Jouska, yaitu:
  1. Identifikasi
  2. Pembuatan Perencanaan/Financial Blueprint
  3. Implementasi
  4. Evaluasi
Pendekatan Jouska yang pertama adalah metode The Basic Triangle : Goals, Risk Profile, Current Financial Statement (identifikasi untuk mengecek kesehatan finansial)
The Basic Triangle Buku Jouska The Principles of Personal Finance

Bagian Risk Profile memiliki 7 kategori yaitu status pernikahan, penghasilan, pola pikir keuangan, pengalaman berinvestasi, jumlah tanggungan, jenis pekerjaan, dan usia. Pada setiap kategori, masih memiliki beberapa sub-kategori lagi teman-teman, tetapi pada ringkasan buku Jouska ini tidak saya jelaskan ya.

Current Financial Statement yaitu kondisi keuangan saat ini. Ada dua konsep kunci utama dalam keuangan pribadi yaitu income dan wealth. Selain itu, ada dua laporan keuangan penting dan “harus selalu ditinjau” yaitu laporan arus kas dan laporan kekayaan bersih.

Bagian Current Financial Statement, juga membahas pengelolaan pendapatan dan pengeluaran. Pendapatan harus dikelola dengan baik, harus dapat membedakan keinginan dan kebutuhan supaya penghasilan dapat disisihkan untuk ditabung atau investasi. Pengeluaran dikategorikan menjadi empat jenis yaitu primer, kewajiban, sekunder, dan tabungan & investasi.

Kekayaan bersih (Net Worth Statement) adalah jumlah total aset setelah dikurangi dengan total utang. Kondisi ideal dari laporan kekayaan bersih adalah ketika total aset > total utang. Aset dibagi menjadi tiga jenis yaitu:
  1. Aset lancar (likuid atau mudah dicairkan).
  2. Aset investasi merupakan aset yang memberikan capital gain, cashflow, dan/atau collateral. 
  3. Aset guna merupakan aset yang digunakan untuk keperluan pribadi maupun keluarga dan tidak akan digunakan sebagai sumber pendapatan.
Utang adalah pinjaman yang dilakukan oleh individu untuk memenuhi kebutuhan primer atau sekunder. Berdasar jangka waktu, utang dapat dibagi menjadi utang jangka pendek (0-1 tahun) dan utang jangka panjang (>1 tahun). Berdasarkan fungsi dibagi menjadi utang konsumtif dan utang produktif.

Bagian terakhir dalam metode the basic triangle di buku Jouska adalah Tujuan Keuangan (Goals), dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Compulsory goals (wajib) merupakan tujuan keuangan yang harus disiapkan dan tidak boleh ditunda.
  2. Additional goals (tambahan) dapat dipenuhi setelah compulsory goals sudah berjalan.
Baik, pendekatan pertama dalam buku Jouska yaitu the basic triangle sudah selesai dibahas, menurut saya metode ini sangat penting, untuk mengetahui kemana kita akan pergi, kita harus mengetahui dahulu posisi kita dan kemampuan yang kita miliki untuk dapat sampai ke tujuan. Lanjut yuk ke pendekatan berikutnya.

Pendekatan Jouska selanjutnya adalah Shield Your Assets : pentingnya memiliki asuransi. Jika tidak memproteksi diri, akankah semua perencanaan yang ingin dilakukan dapat terlaksana dengan mulus?. Ada dua macam asuransi yang penting yaitu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Yang wajib memiliki asuransi jiwa adalah orang yang memiliki penghasilan dan mempunyai tanggungan (jika dua syarat ini terpenuhi pada diri seseorang maka ia harus diasuransikan atau menjadi Tertanggung). Membeli asuransi harus paham berapa nilai Uang Pertanggungan yang harus dimiliki. Jumlah aset lancar dan aset investasi dapat mengurangi penentuan jumlah Uang Pertanggungan ini karena logikanya ketika tertanggung meninggal jumlah aset lancar dan investasi juga akan jatuh ke ahli waris. Jenis-jenis asuransi jiwa yaitu asuransi jiwa seumur hidup (whole life), asuransi jiwa dwiguna (endowment), asuransi berjangka (termlife), dan asuransi jiwa unit link.

Berdasarkan jenis perawatannya, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment). Asuransi kesehatan terutama rawat inap wajib dimiliki oleh semua orang.

Pendekatan Jouska berikutnya adalah Marry With Your Bank. Dengan membangun pencitraan yang baik di mata bank, kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Pencitraan dapat dilakukan dengan menunjukkan loyalitas, yaitu dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan bank tersebut, seperti membuka rekening tabungan, deposito, kartu kredit, mengambil KPR, membeli obligasi pemerintah, dan lain sebagainya. Beberapa keuntungan ketika memilih satu bank saja, yaitu: simplifying your bank account, less means more, having privilege by being priority customer, easier to get loan, dan for sake of the heir.

Next Jouska approach is The Importance of Emergency Fund (Dana Darurat). Dana darurat adalah dana yang digunakan ketika kondisi darurat, tetapi bukan berarti harus di level gawat darurat. Contoh gawat darurat: PHK, resigned, sakit berkepanjangan. Contoh darurat kecil: gadget rusak ketika dilempar anak, entertain keluarga besar yang berkunjung.

Alasan-alasan orang tidak memiliki dana darurat yaitu:
  1. Uang ada di tabungan untuk dihabiskan (tidak sedikit orang yang berpikiran hidup untuk hari ini saja atau YOLO - You Only Life Once)
  2. Sayang menaruh uang di bank lebih baik diputar lagi uangnya (memang ada kemungkinan return yang lebih besar di aset investasi tetapi bagaimana jika terjadi kondisi darurat, apakah harus berutang? Bila aset investasi sedang mengalami penurunan apakah akan dijual rugi demi kebutuhan darurat tersebut?
Dana darurat dapat ditempatkan di instrumen keuangan yang mudah dicairkan seperti tabungan, deposito, mata uang asing (bagi yang sering bepergian ke luar negeri), dan obligasi pemerintah (ORI, SUKUK).
Grow Your Asset Buku Jouska The Principles of Personal Finance

Pendekatan Jouska yang terakhir di buku ini adalah Grow Your Assets : membangun portofolio investasi. Pada bagian ini Jouska menjelaskan mengenai aset-aset investasi tetapi lebih fokus kepada dua aset investasi yaitu bonds dan stocks.

Bonds (obligasi) merupakan surat utang yang dikeluarkan penerbit obligasi kepada investor dengan imbalan berupa kupon/bunga yang akan dibayar terus hingga jatuh tempo pembayaran. Jouska mengingatkan agar pembaca selalu mengingat prinsip 5C (Character, Capacity,  Capital, Conditions, dan Collateral) sebelum berinvestasi di obligasi.

Membeli Saham sama dengan membeli perusahaan. Ilmu dalam memilih saham dapat digunakan sebagai fondasi dalam membangun bisnis dan memilih strategi yang tepat serta mengatur keuangan perusahaan yang lebih rapi selayaknya perusahaan-perusahaan yang sudah Go Public. Pendekatan yang digunakan Jouska adalah Top Down Analysis.

Selain pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh Jouska, pada bagian ketiga ini juga berisi interview, yang disebut Jouska Chronicles. Interview ini dituangkan dalam bentuk tulisan untuk menambah wawasan tentang perencanaan keuangan dengan melihat dari berbagai sudut pandang profesi yang berbeda-beda. Jouska Chronicles tersebut dilakukan kepada Yudi Wanandi CEO dari The Jakarta Post Group, Vidi Aldiano seorang penyanyi, penulis lagu dan usahawan, Reini Achda & Imdan Achda yang berbagi pengalamannya ketika tinggal di Amerika Serikat demi melanjutkan S2, Andien Aisyah seorang penyanyi jazz dan fashion icon, Nicky Hogan Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018, dan Thessalonica Winarto dari Phillip Sekuritas. Latar belakang dari Jouska Chronicles yang berbeda-beda dan sharing pengalaman mereka tentang pengelolaan dari sudut pandang profesi mereka mengajak pembaca melihat kondisi yang terjadi di lapangan dan menambah wawasan.

Demikian ringkasan buku Jouska The Principles of Personal Finance ini. Menurut saya, buku ini sangat bagus dalam memberikan dasar-dasar tentang pengelolaan keuangan personal yang lengkap dan realistis. Namun, pembaca tidak serta-merta langsung bisa mengelola keuangan dengan baik setelah membaca buku ini. Pembaca harus melengkapi ilmunya dengan kritis mencari di google maupun buku-buku lain, misalnya dalam pembahasan saham di buku ini tidak diajari teknis berinvestasi saham (mulai dari membuka rekening saham, hingga beli saham) melainkan pembaca disuguhkan teknik analisa untuk membeli saham yang tepat.

Rumus-rumus yang ada pada buku sengaja tidak saya tulis pada ringkasan buku Jouska ini. Jika teman-teman ingin mengetahui rumus-rumus maupun penjelasan metode-metode secara lebih lengkap dan detail, silakan membaca bukunya.

Semoga ringkasan buku Jouska ini dapat menambah pengetahuan kita tentang pengelolaan keuangan yang baik dan realistis. Kalau ada yang mau ditanyakan silakan komentar di bawah.

Yuk bagikan artikel ini supaya lebih banyak yang tahu tentang pengelolaan keuangan yang baik. Terima kasih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

10 Responses to "Ringkasan Buku Jouska The Principles of Personal Finance"

  1. tadinya saya mau beli buku ini karena lihat covernya the principle of personal finance, wuihh bakalan padat nih isi bukunya, ternyata 2 bab awalnya ttg jouska itu sendiri, ga jadi beli deh...

    tp makasih udah sharing mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak, benar dua bab awal tentang Jouska. Tapi Bab 3 isinya lumayan banyak sih Kak. Nanti saya lengkapi foto daftar isinya ya

      Delete
  2. Apa massh bisa dibeli buku jouska? Dari jouskanya udah sold out soalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, iya bukunya udah Sold Out. Dan buku saya juga nggak saya jual , lebih prefer untuk dipinjamkan ke saudara sama teman.
      Mungkin bisa pinjam ke temennya mas.

      Delete
  3. Terima kasih Mas sudah meringkas isi bukunya Jouska 👍👍

    ReplyDelete
  4. Terima kasih reviewnya, sangat bermanfaat ❤

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel