Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Buka Akun Investasi Saham di Indopremier

Kali ini saya ingin membagikan pengalaman membuka akun investasi di sekuritas Indopremier. Pada akun inilah, saya pertama kali terjun langsung dalam dunia investasi saham. Tulisan ini murni pengalaman saya, jadi tidak ada maksud untuk promosi atau mendiskreditkan Indopremier.

Jika pada tulisan saya sebelumnya yaitu Cara Investasi Saham, menjelaskan cara memulai investasi saham, mulai dari dokumen hingga siap berinvestasi, pada artikel ini saya akan mensharingkan mengenai:
  • Alasan Memilih Sekuritas Indopremier
  • Jangka Waktu Pembukaan Akun Hingga Siap Investasi
  • Review Investasi di Indopremier

Alasan Memilih Indopremier

Pada awal 2018, tepatnya bulan Januari, saya berbicara melalui whatsapp dengan teman yang ada di Jakarta (posisi saya saat itu, ada di Nusa Tenggara Timur). Kami membahas berbagai macam topik, termasuk masalah investasi, hingga akhirnya nyerempet ke pembahasan saham.

Teman saya itu, sudah mulai investasi saham terlebih dahulu. Dia mengajak saya ikut investasi saham, memberi rekomendasi aplikasi (waktu itu dia merekomendasikan Stockbit), dan menceritakan investasi sahamnya (yang saat itu juga baru mulai).

Dia memberi rekomendasi 10 sekuritas terbaik (link artikelnya saya lupa, tapi kalau search di Google banyak). Nah dari rekomendasi itu, saya mencari tahu sekuritas apa yang reputasinya baik dan menyediakan aplikasi untuk transaksi saham secara online.

Alasan saya memilih Indopremier yaitu pernah meraih best securities company dan best online trading, serta saat mencoba aplikasinya saya tertarik dengan bagian fundamentalnya yang dapat menampilkan ringkasan laporan keuangan lima tahun ke belakang. Untuk bagian fee dalam jual-beli saham, bagaimana? Waktu itu saya tidak terlalu ambil pusing karena dengan sekuritas lain beti lah (beda-beda tipis), toh tujuan saya waktu itu untuk investasi jangka panjang.

Nah, dari situlah saya memutuskan memilih Indopremier sebagai sekuritas dalam investasi saham.

Baca juga : Ringkasan Buku Value Investing Saham Teguh Hidayat

Jangka Waktu Pembukaan Akun Hingga Siap Investasi

Pembukaan akun yang saya maksud di sini adalah mengisi formulir secara online di website Indopremier. Pembukaan akun ini, saya lakukan pada tanggal 18 Januari 2018.

Setelah melakukan registrasi secara online, saya mendapat email berisi formulir berbentuk pdf untuk ditandatangani (terdiri dari formulir pembukaan sub-rekening efek dan RDI). Setelah dokumen ditandatangani, saya mengirimnya ke kantor Indopremier di Jakarta. Harap maklum, di kabupaten tempat saya tinggal dulu, di NTT, belum ada cabang sekuritas Indopremier.

Enam hari kemudian, yaitu 24 Januari 2018. Saya mendapat email user, password, dan PIN untuk membuka dan melakukan transaksi pada aplikasi IPOT serta mendapat SID. Di antara enam hari ini, ada konfirmasi melalui video call untuk verifikasi data. Info terbaru dari teman saya, di tahun 2019 inj sudah tidak dalam bentuk video call melainkan melalui telepon.

Dua hari kemudian, 26 Januari 2018 saya mendapatkan email Rekening Dana Investor (RDI) sudah aktif serta panduan penggunaan aplikasi.

Jadi, pada awal 2018 itu, total waktu yang dibutuhkan dari buka akun sampai siap investasi adalah 8 hari. (Dengan catatan, posisi saya buka akun dari NTT ya).

Pada tahun 2019, berdasarkan pengalaman teman saya yang membuka akun secara online (teman saya di Yogyakarta), detail waktunya sebagai berikut:
Mendapat SID 19 Juni 2019, mendapat. RDI 20 Juni 2019, aktif RDI 26 Juni 2019.

Dengar-dengar sih, pembukaan akun hingga siap investasi di Indopremier bisa siap dalam sehari. Mungkin untuk yang datang langsung ya, atau silakan hubungi ke Indopremier untuk informasi lebih lanjut.

Review Investasi di Indopremier

Kecepatan waktu pembukaan rekening di Indopremier, saya katakan cepat. Karena pada tahun 2019 ini saya membuka rekening di Sinarmas (melalui Stockbit) waktu prosesnya sekitar 3 minggu. Jadi, pembukaan sub rekening efek di Indopremier ini, bagi saya cepat.

Aplikasi dari Indopremier yang saya pakai adalah IPOTNEWS dan IPOTGO, menurut saya aplikasinya bagus dan mudah untuk digunakan. Selain untuk jual-beli saham, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membeli reksadana.

Fee jual-beli saham, dibandingkan dengan akun saya di Sinarmas,  memang lebih tinggi. Namun, karena tujuan saya untuk investasi jangka panjang jadi, tidak masalah. Di Indopremier, fee beli 0,19% dan fee jual 0,29%.

Laporan dari setiap transaksi di Indopremier dikirimkan melalui email. Kita juga dapat meminta laporan sewaktu-waktu kita membutuhkan, misalkan saat ingin melaporkan SPT Tahunan dan ingin mengetahui realized gain kita.

Indopremier memiliki akun telegram @IPOTBOT yang sering saya gunakan untuk konsultasi jika mengalami permasalahan terkait aplikasi atau hal-hal teknis yang saya kurang pahami. Menurut saya, akun telegram Indopremier ini sangat membantu. Akun telegram ini bisa untuk melakukan transaksi juga, tetapi saya tidak pernah menggunakan untuk transaksi karena lebih nyaman pakai aplikasinya.

Permasalahan yang pernah saya alami selama menggunakan aplikasi IPOT adalah pada saat ingin melihat ringkasan keuntungan, sempat bermasalah yaitu tidak munculnya ringkasan keuntungan saham setelah saya membeli reksadana. Jadi ringkasan keuntungan yang muncul hanya reksadana saja, saham tidak. Akhirnya saya konsultasi ke akun telegram IPOTBOT dan permasalahan dapat diselesaikan.

Demikian pengalaman saya membuka akun investasi saham dan review sekuritas Indopremier. Jika kamu punya pengalaman membuka akun investasi saham atau pengalaman investasi melalui Indopremier, bisa komentar di bawah ya. Jika ada yang ingin ditanyakan juga boleh.

Yuk share artikel ini, mungkin ada teman kamu yang membutuhkan. Dan klik subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru dari Cendhela.

14 comments for "Pengalaman Buka Akun Investasi Saham di Indopremier"

  1. Kata siapa cepat,ktnya 1 jam sdh bs transaksi tp faktanya udah 2 hari RDN blm diproses.malah CS nya gk care ditanya slow respons.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf kak, artikel di atas adalah pengalaman yang saya rasakan. Untuk yang 1 jam memang saya juga tidak merasakannya karena waktu buka RDN tahun 2018, belum ada layanan 1 jam itu. Terkait layanan 1 jam itu, saya baca di Instagram mereka dan mungkin ada syarat dan ketentuan yang harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke pihak Indopremier.
      Kalau customer care, yang selama ini saya rasakan cukup responsif di telegram IPOTBOT (verified account).
      Semoga segera selesai RDNnya ya kak, selamat berinvestasi.

      Delete
    2. yg cepat disini adalh pendaftaran ke IPOT. tapi pihak Indopremier dgn Bank perlu waktu untuk mengurus RDN , bisa saja waktunya 3 or 4 hari jika pendaftaran dilakukan hari kamis atau jumat.

      Delete
  2. Kalau pakai Indopremier, pastikan juga aktifkan ipotpay. Sangat berguna apabila ada dana yang belum digunakan untuk membeli saham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih sarannya, bisa dicoba nih. Selama ini kalau ada dana yang tidak terpakai, saya pakai buat beli reksadana di IPOTGO.

      Delete
  3. I am using Indopremier right now and can surely say that this is one of the most client-oriented and convenient services I have ever had.

    ReplyDelete
  4. Saya baru saja menerima telepon untuk aktifasi RDN. Tapi katanya harus ada saldo mengendap minimal 1 juta di rekening sumber, akhirnya tertunda lagi, tertunda yg sudah sebulan penuh tidak ada pemberitahuan apa-apa sebelumnya. Buat saya cukup memberatkan juga kalau harus ada saldo mengendap 1 juta. Padahal kan tadinya saya cuma mau nabung reksadana atau beli saham 1 lot yg nilainya kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu ya kak, sepertinya itu kebijakan dari pihak Indopremiernya. Mungkin bisa dikumpulkan di reksadana pasar uang dulu kak, kalau sudah terkumpul baru masuk ke saham

      Delete
  5. Selamat pagi.

    Saya memiliki beberapa pengalaman gagal mendapatkan respon otomatis "ORDER TERKIRIM" ketika ingin menjual saham di Indopremier- padahal saya sudah mengklik "CONFIRM SELL". Karena lama menunggu, saya akhirnya memutuskan kembali ke menu utama (tidak jadi menjual).

    Apakah bapak pernah memiliki kejadian sama? Dan, apakah bapak mengetahui penjelasannya? Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Pak, selama ini saya selalu berhasil untuk melakukan perintah SELL. Mungkin kendala yang Bapak alami karena ada permasalahan jaringan internet Pak, tetapi untuk lebih pasti sebaiknya menghubungi customer service Indopremier ya Pak.

      Delete
  6. pagi,

    Saya mau tanya berapakah biaya yang dikeluarkan selama proses pembuatan akun sampai aktif ? dan minimal berapa rupiah yang bisa diinvestasikan ?

    trims

    ReplyDelete
  7. So far so good
    Pembukaan akun saham, dapet RDN relatif cepat tidak sampai 1 jam semua sudah aktif dan langsung deposit saldo pembelian saham dengan nominal tidak sampai 1juta dan langsung digunakan untuk pembelian saham perdana.
    So far so good

    ReplyDelete