Pengalaman Buka Akun Investasi Saham di Indopremier

Kali ini saya ingin membagikan pengalaman membuka akun investasi di sekuritas Indopremier. Pada akun inilah, saya pertama kali terjun langsung dalam dunia investasi saham. Tulisan ini murni pengalaman saya, jadi tidak ada maksud untuk promosi atau mendiskreditkan Indopremier.

Jika pada tulisan saya sebelumnya yaitu Cara Investasi Saham, menjelaskan cara memulai investasi saham, mulai dari dokumen hingga siap berinvestasi, pada artikel ini saya akan mensharingkan mengenai:
  • Alasan Memilih Sekuritas Indopremier
  • Jangka Waktu Pembukaan Akun Hingga Siap Investasi
  • Review Investasi di Indopremier

Alasan Memilih Indopremier

Pada awal 2018, tepatnya bulan Januari, saya berbicara melalui whatsapp dengan teman yang ada di Jakarta (posisi saya saat itu, ada di Nusa Tenggara Timur). Kami membahas berbagai macam topik, termasuk masalah investasi, hingga akhirnya nyerempet ke pembahasan saham.

Teman saya itu, sudah mulai investasi saham terlebih dahulu. Dia mengajak saya ikut investasi saham, memberi rekomendasi aplikasi (waktu itu dia merekomendasikan Stockbit), dan menceritakan investasi sahamnya (yang saat itu juga baru mulai).

Dia memberi rekomendasi 10 sekuritas terbaik (link artikelnya saya lupa, tapi kalau search di Google banyak). Nah dari rekomendasi itu, saya mencari tahu sekuritas apa yang reputasinya baik dan menyediakan aplikasi untuk transaksi saham secara online.

Alasan saya memilih Indopremier yaitu pernah meraih best securities company dan best online trading, serta saat mencoba aplikasinya saya tertarik dengan bagian fundamentalnya yang dapat menampilkan ringkasan laporan keuangan lima tahun ke belakang. Untuk bagian fee dalam jual-beli saham, bagaimana? Waktu itu saya tidak terlalu ambil pusing karena dengan sekuritas lain beti lah (beda-beda tipis), toh tujuan saya waktu itu untuk investasi jangka panjang.

Nah, dari situlah saya memutuskan memilih Indopremier sebagai sekuritas dalam investasi saham.

Baca juga : Ringkasan Buku Value Investing Saham Teguh Hidayat

Jangka Waktu Pembukaan Akun Hingga Siap Investasi

Pembukaan akun yang saya maksud di sini adalah mengisi formulir secara online di website Indopremier. Pembukaan akun ini, saya lakukan pada tanggal 18 Januari 2018.

Setelah melakukan registrasi secara online, saya mendapat email berisi formulir berbentuk pdf untuk ditandatangani (terdiri dari formulir pembukaan sub-rekening efek dan RDI). Setelah dokumen ditandatangani, saya mengirimnya ke kantor Indopremier di Jakarta. Harap maklum, di kabupaten tempat saya tinggal dulu, di NTT, belum ada cabang sekuritas Indopremier.

Enam hari kemudian, yaitu 24 Januari 2018. Saya mendapat email user, password, dan PIN untuk membuka dan melakukan transaksi pada aplikasi IPOT serta mendapat SID. Di antara enam hari ini, ada konfirmasi melalui video call untuk verifikasi data. Info terbaru dari teman saya, di tahun 2019 inj sudah tidak dalam bentuk video call melainkan melalui telepon.

Dua hari kemudian, 26 Januari 2018 saya mendapatkan email Rekening Dana Investor (RDI) sudah aktif serta panduan penggunaan aplikasi.

Jadi, pada awal 2018 itu, total waktu yang dibutuhkan dari buka akun sampai siap investasi adalah 8 hari. (Dengan catatan, posisi saya buka akun dari NTT ya).

Pada tahun 2019, berdasarkan pengalaman teman saya yang membuka akun secara online (teman saya di Yogyakarta), detail waktunya sebagai berikut:
Mendapat SID 19 Juni 2019, mendapat. RDI 20 Juni 2019, aktif RDI 26 Juni 2019.

Dengar-dengar sih, pembukaan akun hingga siap investasi di Indopremier bisa siap dalam sehari. Mungkin untuk yang datang langsung ya, atau silakan hubungi ke Indopremier untuk informasi lebih lanjut.

Review Investasi di Indopremier

Kecepatan waktu pembukaan rekening di Indopremier, saya katakan cepat. Karena pada tahun 2019 ini saya membuka rekening di Sinarmas (melalui Stockbit) waktu prosesnya sekitar 3 minggu. Jadi, pembukaan sub rekening efek di Indopremier ini, bagi saya cepat.

Aplikasi dari Indopremier yang saya pakai adalah IPOTNEWS dan IPOTGO, menurut saya aplikasinya bagus dan mudah untuk digunakan. Selain untuk jual-beli saham, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membeli reksadana.

Fee jual-beli saham, dibandingkan dengan akun saya di Sinarmas,  memang lebih tinggi. Namun, karena tujuan saya untuk investasi jangka panjang jadi, tidak masalah. Di Indopremier, fee beli 0,19% dan fee jual 0,29%.

Laporan dari setiap transaksi di Indopremier dikirimkan melalui email. Kita juga dapat meminta laporan sewaktu-waktu kita membutuhkan, misalkan saat ingin melaporkan SPT Tahunan dan ingin mengetahui realized gain kita.

Indopremier memiliki akun telegram @IPOTBOT yang sering saya gunakan untuk konsultasi jika mengalami permasalahan terkait aplikasi atau hal-hal teknis yang saya kurang pahami. Menurut saya, akun telegram Indopremier ini sangat membantu. Akun telegram ini bisa untuk melakukan transaksi juga, tetapi saya tidak pernah menggunakan untuk transaksi karena lebih nyaman pakai aplikasinya.

Permasalahan yang pernah saya alami selama menggunakan aplikasi IPOT adalah pada saat ingin melihat ringkasan keuntungan, sempat bermasalah yaitu tidak munculnya ringkasan keuntungan saham setelah saya membeli reksadana. Jadi ringkasan keuntungan yang muncul hanya reksadana saja, saham tidak. Akhirnya saya konsultasi ke akun telegram IPOTBOT dan permasalahan dapat diselesaikan.

Demikian pengalaman saya membuka akun investasi saham dan review sekuritas Indopremier. Jika kamu punya pengalaman membuka akun investasi saham atau pengalaman investasi melalui Indopremier, bisa komentar di bawah ya. Jika ada yang ingin ditanyakan juga boleh.

Yuk share artikel ini, mungkin ada teman kamu yang membutuhkan. Dan klik subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru dari Cendhela.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman Buka Akun Investasi Saham di Indopremier"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel