Pentingnya APBN Bagi Perekonomian

Hai teman-teman,

Kali ini saya akan membahas tentang perekonomian dan salah satu hal yang memiliki peran penting dalam perekonomian suatu Negara yaitu APBN. Di sini saya akan memberikan gambaran mengenai pentingnya APBN bagi perekonomian. Pada artikel selanjutnya saya akan mencoba membandingkan asumsi makro APBN dan realisasinya pada setiap semester.

Dalam melakukan investasi, seorang investor harus tahu perekonomian di Negara yang akan menjadi tujuan investasinya. Perekonomian dipengaruhi oleh beberapa beberapa hal, salah satunya APBN.

Apa sih APBN itu? APBN adalah singkatan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Jika mendengar istilah anggaran, apa sih yang ada di benak kalian? Yup, anggaran itu rencana keuangan. Misalnya, kalian mau membeli baju, kalian pasti punya anggaran harga baju yang akan dibeli, kalau dalam bahasa gaul sering disebut budget. "Budget lo buat beli baju berapa?" "Mau beli baju ini tapi budget gak cukup", itu beberapa istilah yang mungkin pernah kita dengar di kehidupan sehari-hari. Nah, demikian juga dengan APBN, APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara.
Rencana keuangan pemerintah pastinya memberikan pengaruh terhadap perekonomian negara. APBN sebagai instrumen utama kebijakan fiskal (kebijakan terkait penerimaan dan pengeluaran negara), berperan mendorong pencapaian target-target pembangunan yang telah ditetapkan. Peranan tersebut sejalan dengan salah satu fungsi APBN sebagai alat untuk menjaga stabilitas dan akselerasi kinerja ekonomi.

APBN memiliki dampak yang besar bagi perekonomian, antara lain:

  1. APBN menjadi pedoman dalam kegiatan pembangunan ekonomi. Misalnya, apabila APBN memprioritaskan pembangunan industri, maka pemerintah akan lebih banyak melakukan pembangunan dalam bidang industri.
  2. APBN digunakan sebagai alat untuk memperbaiki perekonomian. Misalnya, pada tahun 1982 terjadi penurunan harga minyak dunia, padahal waktu itu pemerintah menggantungkan penerimaannya pada sektor migas. Langkah yang diambil pemerintah untuk memperbaiki perekonomian waktu itu adalah meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak, yang dilakukan dengan cara memperbaiki sistem pemungutannya. Hingga saat ini penerimaan pajak merupakan sumber utama pendapatan negara.
  3. APBN memengaruhi perubahan harga secara keseluruhan. Misalnya, pemerintah menghilangkan subsidi BBM, maka harga BBM akan naik, dilanjutkan dengan kenaikan harga barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  4. APBN dapat memengaruhi tingkat produktivitas perusahaan. Misalnya, pemerintah menaikkan tarif ekspor, maka kemampuan eksportir untuk menghasilkan keuntungan menurun, hal ini akan berakibat pada turunnya produktivitas eksportir tersebut. Demikian pula sebaliknya jika tarif ekspor turun maka eksportir cenderung meningkatkan ekspornya.
  5. APBN memengaruhi tingkat pemerataan distribusi pendapatan. Distribusi pendapatan yang tidak rata dan tidak adil akan memicu kecemburuan sosial. Kecemburuan sosial yang tinggi dapat menimbulkan kerusuhan maupun meningkatnya tindak kejahatan. Selanjutnya kerusuhan dan tindak kejahatan yang tinggi akan memengaruhi perekonomian negara. Sehingga pemerintah dapat menggunakan APBN sebagai alat untuk memengaruhi tingkat pemerataan distribusi pendapatan masyarakat, diantaranya penerapan pajak progresif dan subsidi.
Demikian pentingnya APBN bagi perekonomian suatu negara. Jadi, sebagai investor, menurut saya penting untuk melihat APBN sebagai salah satu alat untuk mengetahui kondisi makro ekonomi. Tentunya dampak dari suatu kebijakan, salah satunya kebijakan rencana keuangan negara yang tertuang dalam APBN tidak serta merta terlihat, tetapi kita harus melihat multiplier effect yang ditimbulkan dari kebijakan tersebut. Pada artikel selanjutnya, seperti yang saya sebutkan di awal artikel ini saya akan mencoba melihat asumsi makro beserta realisasinya.

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya ya. Yuk share artikel ini ke teman-temanmu dan jangan lupa klik tombol subscribe untuk berlangganan. Terima kasih.

Artikel ini merupakan opini dari penulis dan tidak mencerminkan kebijakan institusi dimana penulis bekerja.

Referensi :
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Chaerani, Eva Yunadia. 2018. Kebijakan Fiskal Kaitannya dengan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

Ekonomikontekstual.com. Arti Penting APBN terhadap Perekonomian Negara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya APBN Bagi Perekonomian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel