Ringkasan Film Shawshank Redemption - Pencucian Uang

Film Shawshank Redemption
Hai teman-teman,

Kali ini saya mau membahas tentang film berjudul Shawshank Redemption. Film tahun 1994 dengan rating paling bagus di IMDb (saya melihatnya di bulan Juni 2019).

Informasi umum

Film ini keluaran tahun 1994, dari beberapa sumber yang saya baca, film ini kurang laku di jamannya, tetapi baru hits beberapa tahun setelah filmnya diputar. Film ini mendapat rating 9,2 di IMDb. Film ini berdasarkan novel karya Stephen King berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption. Tokoh utamanya diperankan oleh Tim Robbins (sebagai Andy Dufresne) dan Morgan Freeman (sebagai Ellis "Red" Redding).

Alur cerita

Menceritakan kehidupan Andy dari sudut pandang sahabatnya, Red. Andy, seorang wakil direktur bank yang divonis hukuman seumur hidup, dengan dakwaan telah membunuh istri dan selingkuhan istrinya. Padahal sebenarnya Andy tidak melakukan pembunuhan tersebut.

Penjara tempat Andy dihukum bernama Penjara Shawshank dengan penjagaan yang sangat ketat.

Di sana, Ia bertemu dengan Red yang kemudian menjadi sahabatnya, serta Samuel Norton, sipir penjara yang korup, yang memanfaatkan kemampuan Andy dalam mengelola keuangan untuk kepentingan memperkaya diri sendiri.

Long story short, Andy bisa bebas karena keuletan, ketelitian, bantuan temannya yang bisa mencari peralatan, dan keistimewaan yang diberikan kepadanya.

Di blog ini saya akan mencoba melihat lebih dekat dari hal-hal yang berhubungan dengan keuangan.

Sudut pandang keuangan

Pelajaran tentang keuangan yang saya pelajari dari film ini adalah sebagai berikut:
  1. Dalam kondisi apapun, asalkan berusaha pasti ada harapan.
  2. Pengetahuan Andy dalam bidang keuangan sangat bermanfaat.
  3. Praktik pencucian uang.

Harapan

Andy dan Red
Dipenjara seumur hidup merupakan kondisi dimana seseorang tidak dapat menikmati lagi yang namanya kebebasan. Kondisi Andy di dalam penjara, mungkin sama halnya dengan kondisi keuangan sebagian dari kita. Kita sepertinya tidak dapat menjadi kaya, banyak hutang yang melilit, terjebak dalam masalah keuangan, atau kondisi yang mengharuskan kita untuk bekerja terus seperti tidak ada harapan untuk yang namanya kebebasan keuangan (financial freedom).
Dari film ini kita dapat belajar bahwa kita harus memahami dulu dimana posisi kita dan apa potensi kita untuk menentukan tujuan yang akan kita capai. Metode ini disebut Basic Triangle  seperti yang saya ringkas dari buku Jouska mengenai Prinsip Personal Finance (bisa dibaca DI SINI).

Pengetahuan tentang keuangan

Pengetahuan Andy, memberikan manfaat tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga teman-temannya. Ia bisa mendapatkan dana untuk membangun perpustakaan dari hasil menggunakan kemampuannya membantu kepala sipir penjara dalam bidang pajak dan praktik illegal pencucian uang.

Pengetahuan tentang mengelola keuangan itu penting, kita dapat mengelola aset kita dengan baik. Banyak orang yang masih mengelola asetnya pada instrumen yang menggerus nilai aset mereka, bukannya malah menambah nilai aset. Contoh, dengan pengetahuan keuangan yang kurang, banyak pegawai yang kaget ketika memasuki masa pensiun, uang pensiun sangat kecil dibandingkan penghasilan mereka ketika masih aktif bekerja. Uang pensiun turun drastis, tetapi bagaimana dengan gaya hidup, apakah bisa langsung turun drastis? Akhirnya banyak yang shock, bahkan terkena penyakit karena tidak mempersiapkan masa pensiunnya dengan baik. Alih-alih berinvestasi pada aset yang bisa memberikan penghasilan tambahan ketika pensiun, mereka banyak berinvestasi pada aset yang mungkin sebenarnya bukan kebutuhan.

Pengetahuan keuangan sebaiknya dipergunakan untuk hal-hal yang baik. Tetapi, dari film Shawshank Redemption ini, pengetahuan keuangan bahkan bisa disalahgunakan untuk memperkaya diri sendiri.

Pencucian uang

Pencucian uang merupakan tindak pidana yang berusaha menyamarkan asal-usul uang atau harta kekayaan dari tindak pidana melalui berbagai transaksi keuangan agar uang tersebut tampak seolah-olah diperoleh dari kegiatan yang sah.
Di film Shawshank Redemption, Andy melakukan pengelolaan uang dan pencucian uang terhadap uang milik Samuel (Kepala Sipir) yang diperoleh dengan ilegal (seperti suap, penggelapan pajak, dll). Andy, melakukan berbagai transaksi keuangan untuk menyamarkan asal-usul uang tersebut, dan meletakkannya di rekening atas nama orang yang sebenarnya tidak nyata.

Teknik pencucian uang
Pernah me-laundry pakaian? Kita memasukkan pakaian kotor, kemudian pakaian dicuci, akhirnya kita menerima pakaian dalam kondisi bersih yang siap pakai. Secara garis besar proses pencucian uang juga sama, ada 3 tahapan, yaitu :
  1. Placement : uang yang "kotor" ditempatkan pada lembaga keuangan.
  2. Layering : melakukan transaksi keuangan yang kompleks, berlapis, dan anonim untuk memisahkan hasil tindak pidana dari sumbernya ke berbagai rekening sehingga sulit dilacak asal dana tersebut.
  3. Integration : pelaku memasukkan kembali harta yang sudah kabur (sulit dilacak asal usulnya) ke harta kekayaannya, seolah-olah didapat dari sumber yang sah (legal) untuk dapat dinikmati.
Pencegahan yang diatur UU
Di Indonesia, pencegahan pencucian uang diatur  dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Demikian, ringkasan film ini, jika ada yang mau menambahkan, silakan komen ya supaya kita sama-sama belajar. Semoga apapun kondisi kita, kita memiliki harapan untuk masa depan yang lebih baik, tentunya dengan cara yang legal ya, jangan sampai melanggar hukum. Perbanyak membaca buku supaya wawasan kita terbuka dan mengetahui cara untuk mencapai tujuan kita.

Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Ringkasan Film Shawshank Redemption - Pencucian Uang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel