Mengapa Cendhela? The Story of Cendhela.com

Halo teman-teman,

Pada suatu hari, ada teman yang bertanya kepada saya, "aku punya uang nih bro -bagi saya(penulis) jumlahnya cukup besar-, kira-kira diapakan ya supaya tidak cepat habis?". Lalu saya jelaskan mengenai beberapa pilihan supaya dapat mengelola uangnya dan apa yang dia peroleh jika menempatkan uangnya pada pilihan investasi itu. Sebaiknya uang itu tidak hanya disimpan di tabungan (karena kalau di tabungan, biasanya bersifat sangat likuid, alias kepengen apa langsung ambil uang lalu pergi belanja, padahal belum tentu yang dibeli dibutuhkan), tetapi harus dikelola supaya dapat memberikan hasil. Kami berdiskusi cukup lama, tetapi keputusan akhir tetap saya serahkan ke dia, kan itu uangnya, terserah mau diapakan, saya hanya memberikan pengetahuan kepadanya supaya dia dapat mengelola uangnya dengan bijak.

Saya berpikir, sebenarnya pilihan investasi pada aset keuangan yang saya bagikan adalah yang umum dan mudah diakses, tetapi teman saya itu baru tahu mengenai aset keuangan tersebut. Padahal jika kita dapat mengelola uang kita dengan baik pada aset keuangan yang tepat, maka kita dapat menerima manfaat yang luar biasa. Saya mengenal investasi memang karena keingintahuan saya, saya sempat berpikir, "orang-orang sukses itu makan apa sih, kok bisa berhasil?". Dari beberapa pencarian saya, saya mendapati bahwa mereka gemar membaca.

Saya pun mencoba mencari tingkat kegemaran membaca pada masyarakat Indonesia. Ternyata pada tahun 2017, menurut Duta Baca Perpustakaan Nasional Indonesia, minat baca masyarakat Indonesia menempati posisi 60 dari 61 negara. Pada tahun 2017 pula, data menunjukkan bahwa rata-rata masyarakat Indonesia hanya membaca 3-4 kali dalam seminggu dengan durasi waktu 30-59 menit per hari.

Pepatah mengatakan, "membaca adalah jendela dunia". Bagi saya, pepatah ini benar adanya, mebaca membuat saya melihat "keluar", keluar dari pikiran saya saat ini, memberikan sudut pandang baru, membuat pikiran terbuka dengan ilmu-ilmu yang ada di dunia. Dengan membaca kita dapat mengetahui cara-cara yang telah dipelajari orang-orang terdahulu, belajar dari kesalahan mereka dan bagaimana mereka menjadi sukses.

Terlintas dalam benak saya, untuk membagikan apa yang sudah saya baca supaya bisa bermanfaat bagi orang lain dan akhirnya berdampak bagi kemajuan bangsa dan negara. Itulah mengapa saya ingin berbagi apa yang saya baca melalui ringkasan yang menimbulkan rasa ingin tahu dan akhirnya pembaca blog ini tergerak untuk membaca buku yang saya ringkas dan akhirnya melangkah lebih maju dalam kehidupannya. Buku yang saya baca memang sebagian besar berhubungan dengan keuangan. Jika pengetahuan tentang keuangan meningkat, maka literasi keuangan orang tersebut meningkat dan kemungkinan besar meningkatkan kemampuan ekonominya, dengan semakin banyak orang yang maju perekonomiannya, maka perekonomian negara juga pasti menjadi lebih kuat dan merupakan modal yang sangat penting untuk menjadi negara maju. Mau dong Indonesia menjadi negara maju? Kan yang untung juga warga negaranya kalau tanah air tercinta ini menjadi negara maju, menjadi negara yang nyaman untuk kita dan anak cucu kita.

Terinspirasi dari pepatah yang mengatakan bahwa membaca adalah jendela dunia, dalam bahasa jawa bunyinya maca iku cendhelaing donya,  saya menamakan blog ini Cendhela. Cendhela adalah bahasa jawa yang artinya jendela. Saya ingin pembaca blog ini dapat terbuka wawasannya akan dunia, khususnya dunia keuangan untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Blog ini berisi mengenai ringkasan buku yang telah saya baca. Selain buku, ada beberapa film yang sudah saya tonton (yang berhubungan dengan keuangan) yang juga akan saya review dari sisi finance-nya. Mungkin saya juga akan berbagi pengalaman tentang investasi yang telah saya lakukan serta membahas isu-isu terkait investasi lainnya.

     When "Why" is strong, then "How" is easy, isn't it?. Nobody say it was easy, but you must challenge your limit!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Cendhela? The Story of Cendhela.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel