Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa kita harus simpan uang dengan Investasi?

Halo gaes!

Kali ini aku mau share mengapa aku membuat channel Youtube Simpan Uang.

Tujuan utamanya, aku mau berbagi pengetahuan dan pengalaman investasiku. Aku mulai investasi tahun 2013, waktu itu aku nggak langsung tahu banyak tentang macam-macam investasi yang ada, bahkan di tahun 2018 baru berani beli saham. Menyesal? Iya! Kenapa nggak dari dulu ya?!



Jadi, waktu itu membicarakan keuangan atau investasi itu semacam hal tabu, nggak tahu harus cari tahu kemana, mau sharing sama siapa, circle juga nggak ada yang hobi investasi, jadinya nggak ada yang ngarahin, dan akhirnya aku belajar dari buku yang kubeli di Gramedia maupun buku online.

Padahal aku kuliah di jurusan akuntansi lho, tapi di dunia akademis itu, kita lebih banyak belajar untuk persiapan masuk ke dunia kerja, tidak untuk keuangan pribadi. Bukan berarti aku bilang kuliahku nggak berguna buat keuangan pribadi sih, dengan background akuntansi, aku lebih mudah memahami cara baca laporan keuangan untuk bekal investasi saham. Tapi ya balik lagi, karena nggak ngerti hubungannya sama keuangan pribadi, aku baru investasi saham beberapa tahun setelah lulus kuliah.

Di tahun 2019, aku meminta bantuan financial advisor untuk menata keuangan keluargaku, selain menata keuangan menjadi lebih safe, banyak ilmu mengenai investasi dan keuangan yang aku dapatkan selama sesi-sesi pertemuan kami. Ilmu yang kudapatkan memantapkan bahwa investasi itu penting, nggak hanya buat mengejar keuntungan tetapi juga harus dalam porsi yang pas dan aman.

Jadi, dari buku-buku dan pengalaman itulah aku banyak belajar, dan sekarang aku ingin berbagi melalui channel ini. Aku ingin berbagi pengetahuan mengenai "uang", ilmu yang nggak banyak diajarkan di sekolah supaya teman-teman bisa nyimpan uang di instrumen investasi yang tepat .

Well, sebelum lanjut, boleh dong like dan subscribe channelku ini.

Investasi itu menunda kesenangan saat ini untuk tujuan masa depan. Investasi itu penting!

Mengapa?

Pertama, sesimpel buat menjaga nilai uang yang kita punya.

Contohnya dulu harga mie dengan merek yang sama hanya 900 rupiah nih tulisan dikardus mienya jaman dulu, sekarang udah 2500 sampai 3000an. Harga minyak goreng per botol 300an rupiah, sekarang per botol udah 30ribuan rupiah. Sepeda motor dulu cuma 200ribuan, sekarang 20jutaan. Trus rumah dulu perbuah nih iklan ini, hanya 3juta di jakarta lho gaes!, sekarang 3 juta di jakarta cuma bisa buat ngekos doang. Jadi yang jaman dulu bayangan rumah 1M itu udah kayak istana, realitanya sekarang rumah harga segitu ya biasa aja. Nah, itulah yang namanya inflasi atau kenaikan harga yang membuat nilai uang jaman dulu berbeda dengan jaman sekarang atau nanti di masa depan.

Jadi kalau kita hanya simpan uang di tabungan ya lama-lama nilai uang kita akan berkurang walaupun jumlah uangnya sendiri tetap sama. Contohnya kita punya target menabung 1M buat beli rumah, karena cuma ditabung, ketika 10tahun lagi terkumpul 1M, rumahnya udah nggak kebeli karena harga rumahnya naik.

Nah, itulah salah satu pentingnya menyimpan uang di instrumen investasi, supaya nilai uang kita tetap terjaga.

Kedua, mendapatkan passive income

Passive income itu pendapatan yang kita peroleh walaupun kita nggak bekerja. Tentunya ini tergantung dari imbal hasil investasi yang kita peroleh dan jangka waktu investasi kita. Semakin dini kita berinvestasi sebenarnya semakin baik, klo kata Warren Buffet, salah satu orang terkaya di amerika, ada yg disebut dengan keajaiban compound interest yang akan kita bahas di video selanjutnya.

Ketiga,  untuk mencapai tujuan keuangan

Kita pasti punya dong impian misalnya beli rumah, beli mobil, jalan-jalan, dan sebagainya. Jika hanya ngandelin gaji ya mungkin berat ya, makanya perlu dibantu dengan imbal hasil dari investasi kita.

Keempat, untuk menjaga kita tetap waras

Ada yang bilang kalau kondisi keuangan sedang tidak baik-baik saja bisa membuat depresi lho?!. Menurut kalian bener nggak? Menurutku sih iya, karena aku sendiri pernah ada dalam kondisi yang kurang secara finansial, hal ini membuat kesulitan dalam mengambil pilihan-pilihan buat masa depan, boro-boro masa depan buat kebutuhan sehari-hari aja sulit! ya kan?!

Nah dengan perencanaan keuangan yang baik, kita bisa lebih jernih dalam berpikir dan juga siap dengan pilihan-pilihan di masa depan.

Kelima, financial freedom

Finansial freedom itu adalah ketika kita sudah bisa memenuhi kebutuhan dan gaya hidup kita tanpa harus bekerja. Dengan jumlah investasi yang cukup dan imbal hasil yang stabil, kita bisa lho mencapai hal tersebut. Selain itu, kita kan nggak akan selamanya bekerja terus, kita harus berjaga-jaga jika suatu saat terkena dampak pengurangan jumlah pegawai di perusahaan kita, atau kita harus resign karena alasan tertentu, atau yang pasti kita akan pensiun, setelah pensiun apakah kita akan membuat anak kita menjadi generasi sandwich? Jangan dong ya.

Gimana nih? Teman-teman sudah ada yang memulai investasi belum, komentar ya di bawah? Dan jangan lupa ajak orang-orang terdekat kalian untuk berinvestasi untuk masa depan juga ya…

Oke gaes, sekian dulu ya video kali ini, semoga kita semua bisa menyimpan uang dengan tepat dan mencapai kebebasan finansial ya!

Semoga channel SIMPAN UANG ini bermanfaat untuk kita semua ya, jangan lupa like, komen, dan subscribe! bye

Post a Comment for "Mengapa kita harus simpan uang dengan Investasi?"