Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Reksadana? | Pengalaman Investasi Reksadana

Halo kita akan membahas salah satu alternatif investasi yang memiliki banyak pilihan di dalam investasinya mulai dari yang berisiko kecil sampai risiko besar, yaitu reksadana.

Reksa Dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Reksa Dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Selain itu Reksa Dana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia. (https://www.idx.co.id/)

Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang. (https://sikapiuangmu.ojk.go.id/)

Singkatnya, dengan reksadana kita menitipkan uang kepada Manajer Investasi untuk dikelola dan diinvestasikan.

Secara garis besar, reksadana itu ada 4 jenis yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham. Yang membedakan keempat reksadana tersebut adalah penempatan investasinya, misalnya reksadana pasar uang diinvestasikan pada instrumen investasi yang berisiko rendah misalnya deposito atau obligasi yang jatuh tempo kurang dari satu tahun. Sedangkan reksadana saham sebagian besar ditempatkan pada instrumen saham yang nilainya fluktuatif. Hal ini membuat risiko dan imbal hasil yang ditawarkan menjadi sangat bervariasi.

Kapan bisa beli reksadana? Kapan aja, 24 jam, tetapi cut offnya jam 13.00 WIB ya teman-teman. Jadi kalau beli di atas jam 13.00WIB investasi kita diproses hari berikutnya.

Mengapa investasi reksadana? Apa saja keuntungan investasi reksadana?

1. Mulai 10ribu bisa investasi

2. Bisa memilih sesuai profil risiko yang kita miliki

3. Mudah dan bisa kapan aja

Baik itu pengenalan tentang investasi reksadana, untuk sharing-sharing pengalamanku tentang reksadana ada di video Youtube Cendhela ya, bagi yang mau dukung channelku silakan like, komentar dan subscribe ya, terima kasih.


Post a Comment for "Apa itu Reksadana? | Pengalaman Investasi Reksadana"