Self-Reward Menggunakan Cashback?

Hai teman-teman,

 Kali ini aku mau berbagi mengenai cara self-reward yang kugunakan. Self-reward di sini maksudnya adalah penghargaan buat diri sendiri karena telah berhasil menghemat dan hasil penghematannya dipakai untuk membeli sesuatu yang kita inginkan. Cashback yang saya maksud di sini adalah cashback berupa Koin Shopee, Tokopoin Tokopedia, Shopback, hasil mengisi survey, hasil mendapat koin dari bermain game, hasil menang voucher pada saat ikut kuis Instagram, dan lain-lain.

Aku memang suka banget kalau saat belanja online mendapatkan cashback, tapi cashbacknya itu kebanyakan hanya bisa dipakai untuk belanja lagi (tidak bisa di-uang-kan). Baiklah karena bisanya buat belanja lagi, aku kepikiran, bagaimana kalau cashback yang aku pakai belanja, uang hasil berhemat itu aku kumpulkan? Hasilnya lumayan loh, dalam setahun bisa loh dapat Rp500.000 lebih.

Contohnya aku ilustrasikan di Shopee ya. Pada saat belanja di Shopee, kita bisa memilih voucher yang kita gunakan yaitu voucher gratis ongkir dan voucher cashback (biasanya 2 voucher sekaligus). Saat belanja pertama senilai 200.000 mendapat cashback 3% senilai 6.000 berupa Koin Shopee. Nah, Koin Shopee itu kan bisa kita kumpulkan dan dipakai untuk mengurangi belanja berikutnya. jadi, belanja berikutnya senilai 100.000 bisa kita kurangi dengan Koin Shopee 6.000 sehingga kita cukup membayar 94.000. Nah, uang kita yang 6.000 kita kumpulkan (atau kita tabung) senyamannya kita apakah membuat catatan di aplikasi atau kita masukkan ke celengan.

Selain Koin Shopee, ada juga cashback lain seperti Tokopoin, Shopback, dan lain-lain. Kalau saya sih seringnya ngumpulin di Shopee karena sering pakai aplikasi ini buat belanja pulsa, listrik, dll. Kalau menang voucher OVO atau GoPay, biasanya juga aku tabung uangnya (maksudnya voucher tadi aku pakai untuk beli pulsa, dan uang untuk beli pulsa ditabung).

Hasilnya kita kumpulkan dan dipakai untuk self reward kecil-kecilan saja misalnya kita pengen beli jaket atau sepatu kece, kan lumayan ya.

Oke jika sekiranya cocok silakan dicoba, kalau tidak cocok ya tidak apa-apa, mungkin bisa share di kolom komentar kalau ada cara yang lebih baik.

Maaf ya sekarang jarang posting ringkasan buku lagi, soalnya baca buku Intelligent Investor tidak kelar-kelar (harap maklum kerja sambil kuliah, jadi blog agak dikesampingkan). Sampai jumpa.

0 Response to "Self-Reward Menggunakan Cashback?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel