Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sukuk Negara Ritel | SR017 Imbal Hasil 5,9%

Halo temen-teman, kali ini aku mau membahas salah satu Surat Berharga Negara yaitu Sukuk Negara Ritel, khususnya SR017 yang akan mulai ditawarkan 19 Agustus 2022.

Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia.

Sukuk adalah efek atau surat berharga syariah berupa sertifikat atau bukti kepemilikan yang bernilai sama dan mewakili bagian yang tidak terpisahkan atau tidak terbagi atas aset yang mendasarinya (underlying asset). (OJK)

Contoh aset yang dijadikan sebagai obyek atas penerbitan sukuk misalnya tanah, bangunan, proyek bangunan, atau jasa, dan hak manfaat atas aset. Dengan catatan, aset yang menjadi dasar sukuk adalah tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.

Sukuk beda dengan obligasi? 

Sukuk tidak sama dengan surat utang seperti obligasi.

Dikutip dari laman resmi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), sukuk adalah wajib dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur judi, ketidakjelasan, dan riba, serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh MUI.

Masa PenawaranSR017 yaitu 19 Agustus s.d. 14 September 2022

Return dalam bentuk kupon dengan bunga tetap yang dibayarkan tiap bulan selama 3 tahun.

Bisa dibeli di 31 Mitra Distribusi.

Mengapa beli Sukuk? Apa keuntungannya?

1. Aman dijamin negara

2. Imbal hasil bulanan, dikirim ke rekening (kupon)

3. Mulai dari 1juta bisa invest

4. Tagline Pilihan Berharga Kuatkan Bangsa, berinvestasi sekaligus menjadi pahlawan negara.

Bagaimana pengalamanku?

SR ini adalah salah satu dari SBN Ritel, teman-teman bisa lihat gambar berikut . SBN ritel yang pernah kubeli itu SBR, ORI, dan ST.

Proses pembeliannya secara garis besar ada 4: registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi. Teman-teman ikuti petunjuknya aja ya di salah satu mitra distribusi yang dipilih.

Ok itu aja sharing mengenai SR017 yang merupakan salah satu pilihan investasi yang aman. Teman-teman bisa juga lihat videoku di Youtube di bawah ini:


Referensi:
www.kemenkeu.go.id
https://www.kompas.com/money/read/2021/12/03/161937126/apa-itu-sukuk-pengertian-dan-perbedaannya-dengan-obligasi

Post a Comment for "Sukuk Negara Ritel | SR017 Imbal Hasil 5,9%"