Review Aplikasi Stockbit - versi Mobile

Pada artikel sebelumnya saya menceritakan pengalaman membuka akun trading saham di Stockbit. Kali ini saya mereview aplikasi Stockbit versi mobile di OS Android.

Review Stockbit ini mengulas fitur-fitur pada versi mobile yang sering saya gunakan saja, yaitu : stream, screener, chart, watchlist, alerts, dan GTC.

1 Stream

Stockbit istimewa karena memiliki perbedaan dengan aplikasi saham lain yang pernah saya pakai (ipot, investing, RTI, poems, dan simas mobile) yaitu Stockbit memiliki fitur posting dan komentar layaknya media sosial. Jadi, di Stockbit kita dapat berinteraksi dengan pengguna lain seperti berbagi analisa saham, bertanya, berbagi berita, menyebar rumor, "pom-pom" saham, dll.

Fitur stream ini memiliki manfaat untuk belajar karena beberapa akun sering berbagi pengetahuan tentang analisa fundamental maupun teknikal. Namun, layaknya media sosial, ada hal yang positif, ada juga yang membagikan konten-konten negatif seperti "pom-pom", menyebar rumor, membuat pesimis tanpa analisa yang jelas, dll.

Jadi, pada fitur ini, sebaiknya hanya mengikuti akun yang benar-benar berbagi ilmu, atau lebih baik tidak mengikuti siapapun daripada membaca stream secara acak dan mengakibatkan kebingungan dalam trading kita.

2 Screener

Screener merupakan salah satu alat untuk menyaring saham-saham pilihan sesuai dengan kriteria kita. Misalnya kita mau menyaring saham yang memiliki kapitalisasi besar saja atau memiliki ROE besar saja.

Pada aplikasi Stockbit, screener ini memiliki banyak pilihan preset yang bisa kita gunakan. Uniknya, ada preset dengan menggunakan kategori: Guru, yang di dalamnya ada preset mengikuti kriteria Warren Buffet, Peter Lynch, Greenblatt, dll., mungkin tim Stockbit memiliki tim khusus yang dapat merumuskan formula yang digunakan oleh para Legend dunia itu ya. Selain itu, ada pula preset lain seperti Size, Valuation, Volume, Bandarmologi, dll.

Kita juga dapat menyimpan beberapa preset yang kita sukai ke dalam saved screener.

3 Chart

Chart pada Stockbit versi mobile ini mirip seperti versi desktop namun memiliki keterbatasan. Keterbatasan itu adalah susahnya menarik garis. Namun, fitur chart versi mobile ini bagus karena memiliki banyak pilihan indikator dan cukup oke untuk membuat garis sederhana.

Chart versi mobile ini menurut saya cocok untuk orang yang tidak bisa membuka komputer atau laptop pada jam kerja (jika bukan full-time trader) namun ingin melakukan analisa teknikal sederhana.

4 Watchlist

Memantau saham tentunya tidak mungkin memantau semua saham yang listing di bursa. Namun, setelah kita melakukan analisa, pasti ada saham tertentu yang ingin kita pantau.

Watchlist di Stockbit ini sangat membantu memantau saham-saham pilihan kita. Watchlist di Stockbit ini pun dapat dibuat berbagai kelompok. Misalnya ingin membuat watchlist saham-saham bank buku 4 atau pertambangan.

5 Alerts

Menu alerts ini memberikan peringatan kepada kita jika saham mencapai harga tertentu. Fitur ini sangat berguna jika kita ingin membeli atau menjual saham namun kita sedang sibuk bekerja atau lainnya. Kita tidak perlu memantau saham setiap jam bursa, jika harga sudah mencapai titik yang ditentukan, kita akan mendapat notifikasi dari aplikasi Stockbit.

6 Good Till Cancelled (GTC)

Fitur jual-beli saham dan GTC sebenarnya hampir sama ya untuk semua sekuritas pasti ada.

Di Stockbit ini fitur jual-beli mudah serta memiliki pilihan apakah order buy/sell hanya pada hari itu atau good till cancelled (GTC). Dengan GTC, jika harga saham belum menyentuh harga yang kita inginkan, order itu akan berlanjut keesokan hari, dan seterusnya. Jangka waktu GTC 180 hari dari tanggal order.
Demikian review aplikasi Stockbit versi mobile pada OS Android. Silakan tulis di kolom komentar, jika mungkin teman-teman mempunyai pengalaman fitur lain yang penting tetapi belum saya masukkan di review ini. Silakan share, siapa tau ada teman kalian yang butuh review mengenai aplikasi ini. Terima kasih dan sampai jumpa.

Selamat tahun baru 2020!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Review Aplikasi Stockbit - versi Mobile"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel